Gowes Religi: Bersepeda Berpahala

Situbondo-Tahukah anda ada olahraga bersepeda yang berpahala? Namanya gowes religi. Olahraga ini tidak berbeda dengan bersepeda pada umumnya. Hanya saja ini ada pahala bagi orang yang melakukannya.

Gowes religi ini merupakan salah satu kegiatan baru yang diadakan pada Olimpiade Mafahim Nasional (Omnas) ke-3, yang sebelumnya ada.

Lantas, di mana letak berpahalanya?

Oleh karena peserta gowes religi ini terdiri dari unsur habaib, kiai, asatidz dan santri, maka yang menjadikan acara ini berpahala karena beberapa hal berikut:

1. Mujalatus sholihin (mbersamai orang sholeh) dalam majelisnya akan memberikan percikan atau luberan barokah dan kebaikan. Sebagaimana kata bijak mengatakan: “Orang yang duduk bersama orang baik akan mendapatkan keberkahannya. Karena siapapun yang menemani kekasih Allah tidak akan celaka, meskipun ia adalah anjing, seperti halnya anjing Ashabul Kahfi.

2. Memandang wajah ulama. Ibnu ‘Asyakir meriwayatkan dalam “Tarikh Dimisqa” bahwa Nabi berkata: “Barangsiapa memandang wajah ulama dengan pandangan senang, maka dari pandangan itu Allah akan menciptakan malaikat yang memohonkan ampunan baginya sampai hari kiamat”.

3. Mendapat nadhrah ulama. Di antara tujuan diadakan acara gowes berjamah ini adalah agar tempat-tempat yang menjadi rute dan para warga yang dilewati mendapatkan nadhrah (pandangan batin) serta doa dari para ulama. Jika pandangan orang yang berpenyakit “Ain” bisa menyebabkan sakit, maka logikanya pandangan orang sholeh akan berefek positif.

 

Leave a Reply