Pelatihan Jurnalistik Hawariy 2018

Menulis adalah ketrampilan yang memungkinkan pemiliknya untuk mentransformasikan pemikiran-pemikirannya ke dalam teks tertulis, dengan tujuan untuk dihafal, disebar, atau dikomunikasikan kepada publik.

Dalam pembelajaran bahasa, ketrampilan menulis secara hirarki berada paling akhir setelah tiga keterampilan lainnya, (mendengar, berbicara dan membaca). Karena itu, menulis dianggap sebagai keterampilan tersulit.

Selain bakat, keterampilan menulis juga membutuhkan latihan dan praktik. Untuk memenuhi kebutuhan itulah Hai’ah Ash-Shofawah Al-Malikiyyah (Himpunan Alumni Abuya Al-Maliki) hadir dengan pelatihan menulis yang dikemas dalam even DAUROH SHIHAFIYYAH (Pelatihan Jurnalistik).

Dauroh selama dua hari ini diadakan di Sentra Dakwah Al-Haromain Surabaya dan diperuntukkan bagi santri dari Abna’ Abuya (sebutan untuk alumni Abuya Al-Maliki).

Kegiatan ini dinilai penting karena bertujuan membekali mereka keterampilan untuk membantu dakwah para masyayikh dalam menyebarkan ajaran Ahlus Sunnah Waljama’ah ala Abuya.

Senada dengan taujih (pengarahan) Aminul ‘Am (Ketua Umum) Hai’ah Ash-Shofwah Al-Malikiyyah, Abina KH. Ihya’ Ulumiddin, bahwa menulis adalah sebuah keterampilan penting, sampai-sampai Allah bersumpah dalam Al-Qur’an dengan kata “Qolam”.

ن ۚ وَالْقَلَمِ وَمَا يَسْطُرُونَ.

Nun. Demi pena dan apa yang mereka tuliskan. (QS: Al-Qolam, 1)

Lebih lanjut, Abina menjelaskan bahwa acara ini diibaratkan mempersiapkan pasukan perang untuk jihad fi sabilillah, yang dalam konteks kekinian dimaknai dakwah. Dan yang terlibat dalam acara ini pun akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang berperang.

مَنْ جَهَّزَ غَازِيًا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَقَدْ غَزَا. (رواه متفق عليه)

“Barang siapa yang mempersiapkan (bekal) orang yang berperang di jalan Allah berarti dia telah berperang (mendapat pahala berperang)”.

Harapan panitia, pasca dauroh ini para peserta bisa mempraktekkan ilmu yang didapat dari pelatihan ini untuk menunjang dakwah para masyayikhnya sehingga bisa lebih optimal. Semoga.

oleh : Kang Tohir (Hawariy Markazi)

Pengurus Markazi Ha’iah Ash Shofwah Al-Malikiyyah hadir dipembukaan Pelatihan Jurnalistik 2018
Peserta Pelatihan Jurnalistik 2018

Leave a Reply