Madza fi Sya’ban: Penentuan Umur dan Puasa di Dalamnya

bulansyaban

Pada artikel sebelumnya pembahasan tentang laporan amal manusia. Kali ini pembahasan seputar Penentuan Umur dan Puasa di dalamnya. Selamat mengikuti.

Penentuan Umur

Pada bulan Sya’ban, umur ditentukan. Maksudnya penentuan ini ditampakkan dan diperjelaskan, sebab jika tidak demikian maka (itu salah. Pent. ) karena sesungguhnya pekerjaan – pekerjaan Allah tidak terbatas oleh masa dan tempat. “Tidak ada sesuatu pun yang serupa denganNya. Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat”QS As Syura: 11.  Dalam hadits riwayat Aisyah ra sesunggunya Nabi shallallahu alaihi wasallam berpuasa dalam seluruh Sya’ban.  Aisyah ra berkata: Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, bulan yang paling engkau sukai untuk berpuasa adalah bulan Sya’ban?” Beliau bersabda:

           إِنَّ اللهَ يَكْتُبُ فِيْهِ عَلَى كُلِّ نَفْسٍ مَيِّـتَةٍ تِلْكَ السَّـنَةِ فَأُحِبُّ أَنْ يَأْتِيَنِيْ أَجَلِيْ وَأَنَا صَائِمٌ

Sesungguhnya pada bulan ini Allah Menulis setiap orang yang akan meninggal pada tahun itu. Maka aku suka jika ajalku datang dalam keadaan aku sedang berpuasa”  (HR Abu Ya’la. Hadits Gharib dengan Isnad Hasan) [1]

Karena itulah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  memperbanyak puasa. Anas bin Malik ra berkata: [Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berpuasa dan tidak berbuka sehingga kami mengatakan: “ Tidak terbersit dalam diri Rasulullah shallallahu alaihi wasallam untuk berbuka selama setahun. Kemudian Beliau shallallahu alaihi wasallam  berbuka dan tidak berpuasa hingga kami mengatakan: “ Tidak terbersit dalam hati Rasulullah shallallahu alaihi wasallam untuk berpuasa selama setahun. Dan puasa yang paling Beliau suka adalah Sya’ban] HR Ahmad Thabarani.

Keutamaan Bepuasa di Bulan Sya‘ban

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam ditanya: “Puasa apakah yang lebih utama setelah Ramadhan?” Beliau menjawab: “Sya’ban guna memuliakan Ramadhan” ditanyakan: “Sedekah apakah yang lebih utama?” Beliau menjawab: “Sedekah dalam Ramadhan” (Imam Turmudzi berkata: Hadits Gharib)

Bahkan Aisyah ra berkata:

[Rasulullah shallallahu alaihi wasallam selalu berpuasa hingga kami mengatakan: “Beliau tidak pernah berbuka”, dan Beliau selalu berbuka hingga kami mengatakan, “Beliau tidak pernah berpuasa”, dan aku tidak pernah melihat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berpuasa sebulan penuh kecuali Ramadhan, dan aku tidak menyaksikan Beliau berpuasa di suatu bulan lebih banyak daripada di bulan Sya’ban, Beliau selalu berpuasa kecuali sedikit atau bahkan seluruhnya]

Dalam riwayat Abu Dawud disebutkan, Aisyah ra berkata:

          كَانَ أَحَبُّ الشُّهُوْرِ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَصُوْمَهُ شَعْبَانَ ثُمَّ يَصِلُهُ بِرَمَضَانَ

Bulan yang paling disukai Rasulullah shallallahu alaihi wasallam untuk berpuasa adalah Sya’ban. Selanjutnya Beliau menyambungnya dengan Ramadhan”

Dalam riwayat Nasa’i disebutkan, Aisyah ra berkata:

            لَمْ يَكُنْ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِشَهْرٍ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ لِشَعْبَانَ , كَانَ يَصُوْمُهُ أَوْ عَامَّتَهُ

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam tidak pernah banyak berpuasa dalam suatu bulan lebih banyak daripada di bulan Sya’ban. Beliau selalu berpuasa atau dalam kebanyakan bulan (sya’ban)”

Dalam riwayat Imam Bukhari dan Muslim, Aisyah ra berkata:

          لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُوْمُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ فَإِنَّهُ كَانَ يَصُوْمُ شَعْبَانَ كُلَّهُ وَكَانَ يَقُوْلُ : ” خُـذُوْا مِنَ الْعَمَلِ مَا تُطِيْقُوْنَهُ فَإِنَّ اللهَ لاَ يَمَلُّ حَتَّي تَمَلُّوْا , وَكَانَ أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا دُوْوِمَ عَلَيْهِ وَإِنْ قَلَّتْ وَكَانَ إِذَا صَلَّى صَلاَةً دَاوَمَ عَلَيْهَا

“Nabi shallallahu alaihi wasallam tidak pernah berpuasa dalam satu bulan lebih banyak daripada di bulan Sya‘ban. Sungguh Beliau puasa dalam seluruh Sya’ban dan Beliau bersabda, “Ambil –lah amal yang kalian kuat (mampu) karena sesungguhnya Allah tidak bosan sehingga kalian bosan” dan adalah shalat yang paling disukai oleh Nabi shallallahu alaihi wasallam adalah yang dilanggengkan meski sedikit. Jika telah melakukan suatu shalat maka Beliaumelanggengkannya”

Lebih Detail tentang Puasa Sya’ban

Dari Aisyah ra. Ia berkata: [Nabi shallallahu alaihi wasallam tidak pernah berpuasa dalam sebulan lebih banyak daripada di bulan Sya’ban. Sungguh Beliau berpuasa dalam seluruh Sya’ban] (HR Bukhari). Dalam riwayat Imam Muslim. Aisyah ra berkata: [Beliau shallallahu alaihi wasallam selalu berpuasa sehingga kami mengatakan, ”Sungguh Beliau telah berpuasa”. Dan Beliau selalu berpuasa sehingga kami mengatakan, “Sungguh Beliau telah berbuka”] Aisyah melanjuutkan: [Dan aku tidak pernah sekalipun menyaksikan Beliau berpuasa lebih banyak daripada puasanya di bulan Sya’ban. Beliau berpuasa dalam seluruh Sya’ban, Beliau berpuasa dalam Sya’ban kecuali sedikit]. Dalam riwayat Nasai dan Turmudzi: [Beliau berpuasa Sya’ban kecuali sedikit atau bahkan puasa dalam Sya’ban seluruhnya].

Syekh Mulla Ali al Qaari berkata:

[Beliau berpuasa Sya’ban seluruhnya] maksudnya hari dalam Sya’ban di mana Beliau tidak berpuasa sangatlah sedikit sehingga ada persangkaan Beliau berpuasa dalam seluruh Sya’ban. Jadi kata bahkan (Bal. Arab) adalah berfaedah menaikkan (Taraqqii) dan bukan menafikan ungkapan Aisyah ra kecuali sedikit.  Dan juga tidak menafikan hadits yang menyatakan bahwa sejak datang di Madinah sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wasallam tidak berpuasa sebulan sempurna kecuali di bulan Ramadhan.

Kata seluruhnya juga bisa diartikan apa adanya. Yakni Beliau shallallahu alaihi wasallam berpuasa dalam seluruh Sya’ban sebelum datang di Madinah yang ini berarti kata bahkan berfaedah membantah ungkapan Aisyah ra kecuali sedikit. Hikmah dari ini adalah bisa jadi ungkapan kecuali sedikit  disangka bahwa sedikit tersebut adalah sepertiga bulan hingga Aisyah ra lalu menjelaskannya dengan bahasa seluruhnya bahwa sangat sedikit sekali sehingga bisa disangka Beliau shallallahu alaihi wasallam berpuasa seluruh Sya’ban.]

Dalam riwayat Bukhari Muslim dari Aisyah ra:

مَارَأَيْـتُهُ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ قَطُّ إِلاَّ شَهْرَ رَمَضَانَ وَمَا رَأَيْـتُهُ فِى شَهْرٍ أَكْثَرَ مِنْهُ صِيَامًا فِى شَعْبَانَ

Aku tidak pernah menyaksikan Beliau menyempurnakan puasa sebulan kecuali bulan Ramadhan dan aku tidak melihat  Beliau lebih banyak berpuasa dalam suatu bulan daripada di bulan Sya’ban”

Dalam riwayat lain yang juga bersumber dari Aisyah ra:

           لَمْ يَكُنْ يَصُوْمُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ فَإِنَّهُ كَانَ يَصُوْمُ كُلُّهُ

Beliau tidak pernah berpuasa dalam sebuah bulan lebih banyak daripada Sya’ban. Sungguh Beliau berpuasa dalam seluruh Sya’ban”

Dalam riwayat Imam Abu Dawud:

          وَكَانَ أَحَبُّ الشُّهُـوْرِ إِلَيْهِ أَنْ يَصُوْمَ شَعْبَانَ ثُمَّ يَصِلُهُ بِرَمَضَانَ

Dan bulan yang paling disukai oleh Beliau untuk berpuasa adalah Sya’ban kemudian menyambungnya dengan Ramadhan”

Dalam riwayat Imam Nasa’i:

          كَانَ يَصُوْمُ شَعْبَانَ أَوْ عَامَّةَ شَعْبَانَ

Beliau berpuasa Sya’ban atau kebanyakan Sya’ban”

          كَانَ يَصُوْمُ شَعْبَانَ كُلَّهُ

Beliau berpuasa Sya’ban seluruhnya”

Hadits – hadits tersebut secara zhahir menunjukkan bahwa puasa Sya’ban lebih utama dibanding puasa Rajab dan bulan – bulan mulia lain (Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah, Muharram), akan tetapi ini terbantah oleh hadits dari Abu Hurairah ra. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

          أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ صَوْمُ شَهْرِ اللهِ الْمُحَرَّمِ

Puasa yang lebih utama setelah ramadhan adalah puasa bulan Allah Muharram”HR Muslim.

Bantahan inipun terjawab lagi dengan:

  1. Kemungkinan Beliau shallallahu alaihi wasallam belum mengetahui keutamaan puasa Muharram kecuali pada saat akhir kehidupan Beliau sebelum bisa melakukannya. Atau karena ada udzur berupa bepergian atau sakit yang menjadikan terhalang dari memperbanyak berpuasa seperti dikatakan oleh Imam Nawawi.

Mairak Berkata: Dua hal ini (dua kemungkinan ini) sangat jauh.

  1. Hadits Aisyah ra: “Adalah Beliau shallallahu alaihi wasallam berpuasa tiga hari dari setiap bulan, tetapi terkadang Beliau mengakhirkannya sehingga terkumpul atas Beliau puasa setahun lalu Beliau berpuasa di bulan Sya’ban” HR Thabarani.
  1. Nabi shallallahu alaihi wasallam mengistimewakan Sya’ban dengan berpuasa sebagai bentuk pengagungan kepada Ramadhan. Jadi dalam konteks ini seperti halnya mendahulukan sunnah – sunnah rawatib sebelum shalat – shalat fardhu. Ini dikuatkan dengan hadits gharib yang dalam sanadnya terdapat nama Shadaqah yang dianggap tidak kuat oleh para ahli hadits: Sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wasallam ditanya puasa apakah yang lebih utama? Maka Beliau menjawab:

شَعْبَانُ لِتَعْظِيْمِ رَمَضَانَ

Sya’ban guna mengagungkan Ramadhan” HR Turmudzi.

Selain itu juga keberadaan puasa Sya’ban sebagai pemanasan dan media latiahan (Tamarrun) guna menuju puasa Ramadhan. Sementara larangan berpuasa dalam separuh kedua bulan Sya’ban adalah bagi orang yang sebelumnya (pada separuh pertama) tidak berpuasa, serta tidak pula memiliki kebiasaan, tidak mengqadha’ atau bernadzar dan dikhwatirkan puasa dalam separuh kedua itu akan menyebabkan lemah atau rasa malas berpuasa Ramadhan sehingga berdampak pada melakukan fardhu tanpa gairah dan semangat.

  1. Hadits dari Usamah bin Zaid ra.

Aku bertanya: “Wahai Rasulullah, saya tidak pernah melihat engkau puasa dalam bulan – bulan seperti engkau berpuasa di bulan Sya’ban?” Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

          ذَاكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبَ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيْهِ اْلأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Itulah bulan yang dilupakan manusia, antara Rajab dan Ramadhan. Itulah bulan dimana amal – amal diangkat (dilaporkan) kepada Tuhan semesta alam dan aku suka jika amalku diangkat dalam keadaan aku sedang berpuasa” (HR Nasai Abu Dawud. Dishahihkan oleh Imam Ibnu Huzaimah)

Sepadan dengan hadits riwayat Aisyah ra. Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ اللهَ يَكْتُبُ كُلَّ نَفْسٍ مَيِّـتَةٍ تِلْكَ السَّنَةِ فَأُحِبُّ أَنْ يَأْتِيَنِي أَجَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Sesungguhnya Allah menulis setiap jiwa yang meninggal pada tahun itu dan aku ingin ajalku datang saat aku sedang berpuasa”(HR Abu Ya’la)

Hadits ini memberitahukan bahwa orang – orang sebelumnya banyak berpuasa Rajab karena bagi mereka termasuk bulan – bulan mulia yang dimuliakan. Nabi shallallahu alaihi wasallam lalu mengingatkan dengan memperbanyak puasa di bulan Sya’ban agar mereka tidak melupakan bulan ini dengan tambahan faedah bahwa amal – amal diangkat dan ajal – ajal ditulis pada bulan ini. Aisyah ra bertanya: “ Wahai Rasulullah, saya melihat kebanyakan puasa anda adalah di bulan Sya’ban?” Beliau bersabda: “Sesungguhnya bulan ini, di dalamnya dituliskan untuk malaikat maut (nama) orang yang akan ia ambil (cabut nyawanya), maka aku suka agar namaku tidak ditulis kecuali saat aku sedang berpuasa”. Sangat mungkin hal inilah hikmah di balik keistimewaan Sya’ban bagi Nabi shallallahu alaihi wasallam seperti dalam sabda Beliau:

 رَجَبُ شَهْرُ اللهِ وَشَعْبَانُ شَهْرِيْ وَرَمَضَانُ شَهْرُ أُمَّتِيْ

Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku dan Ramadhan adalah bulan umatku”(HR Dailami dan yang lain dari Anas ra)[2]

Aku mengatakan:

Hadits ini disebutkan secara Mursal oleh Imam Suyuthi dan Beliau mengatakan: (Diriwayatkan oleh Abu al Fath bin Abi al Fawaris dalam al Amaalii  dari Hasan secara Mursal dan ini ada Dhaif). Imam al Munawi berkata: [Al Hafizh Zen al Iraqi dalam Syarah At Turmudzi mengatakan: (Hadits ini sangat dha’if dan termasuk di antara Marasil  Hasan dan kami riwayatkan dalam Kitab at Targhib wa at Tarhiib milik Imam al Ashfihani. Sementara Marasil Hasan sama sekali tidak dianggap oleh para ahli hadits, dan tidak ada satupun hadits yang shahih terkait keutamaan Rajab] sementara ungkapan penyusun (Imam Suyuthi) dengan sendirinya menjadi penjelasan bahwa Beliau tidak meriwayatkan hadits ini beserta sanadnya. Jika tidak demikian tentu Beliau tidak akan beralih kepada riwayat Mursal nya dan ini sungguh mengerankan.

Imam Dailami sendiri telah men takhrij hadits ini dalam musnad al Firdaus dari tiga jalur. Juga Ibnu Nashr dan yang lain dari hadits Anas ra dengan teks lafazh yang tertulis apa adanya (seperti aslinya)[3].

Dalam Kasyful Khafa’ disebutkan tentang sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam:

شَعْبَانُ شَهْرِيْ وَرَمَضَانُ شَهْرُ اللهِ وَشَعْبَانُ الْمُطَهِّرُ وَرَمَضَانُ الْمُكَفِّرُ

Sya’ban adalah bulanku, Ramadhan adalah bulan Allah dan Sya’ban adalah yang mensucikan sedang Ramdahon adalah yang melebur”

Diriwayatkan oleh Imam Dailami dari  As Sayyidah Aisyah secara Marfu’ (sambung kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam). Ibnu al Ghars berkata: Syaikhuna al Hijazi berkata: Hadits Dha’if.[4]

Sya’ban adalah bulanku…” maksudnya: (Aku mensunnahkan Qiyam di dalamnya). Aku (Abuya) berkata: Mungkin penisbatan Sya’ban kepada Beliau shallallahu alaihi wasallam karena dalam bulan ini turun kepada Beliau ayat Shalawat kepada Beliau shallallahu alaihi wasallam.

Bersambung.

 

Catatan kaki:

[1] Demikian teks yang tertera dalam at Targhib wat Tarhib juga yang tertera dalam Musnad Abu Ya’la 8/312 dengan nomer 4911. Yang pasti, terjadi Tahrif / perubahan dalam teks hadits:

فَأُحِبُّ أَنْ يَأْتِيَنِيْ أَجَلِيْ وَأَنَا صَائِمٌ

Karena yang benar adalah:

فَأُحِبُّ أنْ يُرْفَعَ – يُكْتَبَ – عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

…maka aku suka jika amalku diangkat – ditulis- dalam keadaan aku sedang berpuasa”

Inilah teks yang tertera dalam berbagai riwayat shahih tentang masalah ini selain hadits ini seperti halnya sabda Beliau shallallahu alaihi wasallam:

            شَهْرٌ تٌرْفَعُ فِيْهِ اْلأَعْمَالُ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي َوأَنَا صَائِمٌ

Bulan disitu amal – amal diangkat dan aku suka jika amalku diangkat saat aku sedang berpuasa”

Dan inilah yang sejalan dengan rentetan sabda Beliau shallallahu alaihi wasallam dan diperjelas lagi dalam riwayat al Khathib dalam at Tarikh dengan sanad sampai kepada Aisyah ra yang di dalamnya juga terdapat teks:

            ” وَأُحِبُّ أَنْ يُكْتَبَ أَجَلِي وَأَنَا فِى عِبَادَةِ رَبِّي

…dan aku suka ajalku ditulis saat aku sedang berada dalam beribadah kepada Tuhanku”

[2] Jam’u al Wasail fi Syarh As Syamail li Syekh Ali bin Sulthan Muhammad al Qaari 2/121 -122

[3] Faidh al Qadir syarah al Jami’ as Shaghir li al Munawi 4/18

[4]Kasyf al Khafa’ wa Muzil al Ilbas li al Ajluni juz 2/ hal 9. al Hafizh Zen al Iraqi dalam Syarah Tirmidzi berkata: Ini Dha’if sekali. (Faidh alQadir 4/18) aku berkata: Inilah yang benar. Adapun penyebutan Ibnul Jauzi maka itu tidak menjadi pembenar

About shofwah