Wasilah Bermimpi Berjumpa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

HABIB-MUHAMMAD-BIN-ALWI

Abuya As Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani menulis dalam kitab Dzakhair Muhammadiyah, beberapa bacaan shalawat ma’tsur bagi yang ingin berjumpa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

Syeikh Ghazali dalam Ihya’ menceritakan dari sebagian kalangan arif dari al-Arif al-Mursi radliyallah anhu bahwasanya barangsia merutinkan shalawat ini, yaitu: Ya Allah, karuniakanlah shalawat kepada penghulu kami Muhammad hamba, nabi, dan rasul Engkau, an-nabi al-ummi, dan kepada keluarganya dan para sahabatnya, dan karuniakan pula salam kesejahteraan,” sehari semalam 500 kali, maka dia tidak akan meninggal sehingga ia bertemu dengan Nabi saw. dalam keadaan terjaga.”

Diceritakan dari Imam Yafii dalam kitabnya, ‘Bustanul Fuqara’ bahwasanya Nabi saw. bersabda, “Barangsiapa bershalawat kepadaku pada hari Jum’at 1000 kali dengan shalawat ini, yaitu:

اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ

“Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad an-nabi al-ummi,” maka dia akan melihat Tuhannya pada malamnya, atau melihat Nabinya, atau melihat tempatnya di surga. Jika tidak (belum) melihat, maka hendaklah dia melakukan hal itu dalam dua Jum’at, atau tiga atau lima (Jum’at). Dalam riwayat lain ada tambahan: “wa ala alihi wa shahbihi wasallim.”

Dan di dalam kitab al-Ghunyah karya al-Quthb al-Rabbani Sayyidi Abdul Qadir al-Jilani ada sebuah hadits dari A’raj dari Abu Hurairah ra. Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa shalat dua rakaat pada malam Jum’at, setiap rakaat membaca surat al-Fatihah dan Ayat Kursi sekali, serta 15 kali surat al-Ikhlas, dan di akhir shalat membaca   shalawat seribu kali, “Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad an-nabi al-ummi,” maka dia akan melihatku dalam tidur, dan tidak sempurna Jum’at berikutnya kecuali ia telah melihatku, dan barangsiapa melihatku, maka baginya surga, dan diampuni baginya dosa masa lalu dan masa akan datang.” []

 

 

About shofwah